pengumuman nilai un smp
pengumuman nilai un smp

beritaduniaterbaru.com – Pada Hari ini, nilai hasil ujian nasional (UN) tingkat SMP (sekolah menengah pertama) telah diumumkan secara bersama-sama kepada 4.372.872 murid dari 60.067 smp sederajat. Sekolah pun menggunakan macam-macam metode untuk memberi tahukan nilai kepada murid mereka.

Di dalam rapat pers hasil nilai UN SMP, kemarin, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menilai bahwa terdapat peningkatan IIUN (Indeks Integritas Ujian Nasional) di 72% sekolah peserta UN SMP. Sementara itu, 21,16% sekolah mengalami peningkatan IIUN serta nilai UN.

Anies menjelaskan, salah satu faktor meningkatnya nilai dan IIUN ialah penggunaan metode UN CBT (Computer Based Test). “Sekolah yang telah jujur di tahun 2015, jadi nampak di tahun 2016. Jika integritasya rendah, gap nilai tinggi. Misal integritas tinggi gap jadi rendah,” jelasnya.

Dari sisi nilai, masih terdapat 41,92% dari jumlah peserta UN SMP yang tidak mencapai nilai rata-rata 55. Tetapi siswa yang telah mencapai rata-rata di atas 85 cuma 4,04%.

“Walau begitu, 168.000 siswa yang berhasil mencapai nilai di atas 85 itu harus diberi apresiasi. Sebab masih jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jumlah lulusan sekolah menengah di negara Singapura yang cuma 40.000 hingga 45.000 murid per tahun,” ungkap Anies.

Anies menegaskan, banyaknya murid yang masih mendapat nilai rata-rata di bawah 55 jangan dibuat menjadi sesuatu yang horror atau menakutkan, contohnya dalam menyambut MEA. Manalagi, sekarang ini IIUN (Indeks Integritas Ujian Nasional) sanggup mengoreksi hasil nilai UN yang sebenarnya.

“Hasil nilai UN SMP 2016 akan menjadi dasar untuk pembinaan atau intervensi kepada sekolah agar bisa menjadi lebih baik,” tuturnya.