lelaki kardus
lelaki kardus

beritaduniaterbaru.com – KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) meminta permohonan kepada google untuk memblokir sebuah lagu yang berjudul ‘Lelaki Kerdus‘ dari YouTube. Permohonan tersebut telah disampaikan oleh komisioner KPAI Maria Advianti kepada Google melalui Kominfo.

“Masyarakat diimbau untuk tak menyebarkan videoklip lagu “Lelaki Kardus” itu dengan cara menyalin alamat tautannya (link) ataupun mengunggah video itu secara online,” tegas Ketua KPAI Asrorun Niam, Kamis (30/6/2016).

Menurut Niam lagu “Lelaki Kardus” itu dan lagu-lagu yang lain telah dipantau oleh KPAI bukan satu-satunya konten yang bermuatan negatif di internet yang sangat berbahaya untuk pertumbuhan kembang anak.

“Paling gak terdapat 10 jenis konten negatif yang sering menyerang anak-anak di dunia maya contohnya pornografi, judi, game online, orientasi seksual, eksploitasi, kekerasan seksual, hate speech, cyberbully, terorisme, dan SARA,” ujar Niam.

“Orangtua diharapkan dapat melakukan pengawasan dan komunikasi yang baik kepada anak supaya tak mengakses situs-situs negatif serta berbahaya bagi pertumbuhan kembang anak,” ungkap dia.

Mengenai lagu Lelaki Kardus yang dinyanyikan oleh seorang anak yang bernama Nova Rizqi. Lagu tersebut berdasarkan dari kisah nyata ibunya yang juga merupakan si pencipta lagu itu. Dalam lagu tersebut Nova menyanyikan lirik ibunya yang sudah diduakan oleh sang ayah dan ditinggal pergi. Lalu terdapat lirik umpatan terhadap si ayah yang memilih untuk kabur bersama istri keduanya.