gelombang pasang di pantai selatan
gelombang pasang di pantai selatan

beritaduniaterbaru.com – Telah terjadi fenomena Gelombang pasang di laut selatan Jawa, kemarin Rabu (8/6/2016) pagi, mengguyur sebagian besar bangunan-bangunan di sekitar wilayah selatan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdasarkan akun Twitter SAR Satlinmas Daerah II Pantai Baron Gunungkidul @Sarsatlinmas mengabarkan sampai Rabu siang ini kurang lebih ada delapan pantai di daerah Gunungkidul tertimpa dampaknya.

“Update Info (8/6/2016) pukul 11:30 WIB. Pengaruh gelombang pasang Pantai Drini: 13 rumah makan terkubur pasir sedalam 5 sentimeter, 7 gazebo roboh,” ungkap akun @Sarsatlinmas pukul 11.39 WIB.

Kemudian sampai pukul 11.30 WIB di Pantai Sadranan terdapat 8 gazebo roboh dan 3 gazebo terbawa ombak laut selatan, lepas itu di Pantai Ngandong terdapat 4 gazebo terbawa ombak ke laut selatan serta 1 gazebo roboh.

rumah ambruk
rumah ambruk

Sementara itu di Pantai Sundak terdapat 3 gazebo roboh, 1 warung makan rusak berat, 2 warung makan terpendam pasir 50 cm, 3 kamar mandi terpendam pasir 50 cm.

Di Pantai Somandeng terdapat 25 gazebo roboh, 12 gazebo terbawa ombak ke tengah, 5 tempat lapak pedagang rusak berat, sebuah warung makan rusak dan dinding warung makan tersebut ambruk. Kemudian di Pantai Pulang Sawal sebuah warung makan tertimpa abrasi, 8 gazebo terkubur pasir 100 cm.

Di Pantai Pok Tunggal sebuah bangunan Pos SAR dan sebuah bangunan tempat parkir roboh, sementara itu di Pantai Gesing Talud, jalan masuk menuju ke pantai selebar 2×10 meter ambruk dan sebuah kapal beserta 2 anak buah kapal terperangkap tak bisa mendarat.

Sampai sekarang ini dilaporkan gelombang pasang ini akan masih terjadi, BMKG memperkirakan gelombang pasang akan terjadi sampai tgl 9 Juni 2016 hari ini.