cara mengatasi batuk
cara mengatasi batuk

BeritaDuniaTerbaru.com, Mengatasi Batuk РBatuk yg tidak kunjung selesai dapat membuat hidup menjadi sengsara, dan Anda pasti ingin segera menyembuhkannya secepat mungkin. Batuk merupakan efek dari demam dan flu yang biasa terjadi, namun batuk pula bisa diakibatkan dari asma, alergi, udara kering, refluks asam, rokok, dan bahkan sejumlah obat-obatan. Batuk dapat menjadi sangat menyiksa dan mengganggu, maka dari itu cobalah mengikuti sejumlah cara berikut ini untuk mengatasi batuk itu dengan cepat.

Memakai Obat Batuk Alami

1. Minum madu. Meminum madu merupakan cara efektif supaya menekan batuk kembali serta menenangkan tenggorokan. Di suatu penelitian dari Penn State College of Medicine mengungkapkan kalau madu bisa meredakan batuk secara efektif sekali dibanding dengan obat batuk yg dijual bebas. Madu dapat membantu menenangkan dan melapisi membran lendir. Madu bermanfaat sekali diminum pas sebelum tidur kalau batuk membuat Anda sulit tidur.

2. Minum teh akar licorice. Teh akar licorice mampu menenangkan bagian saluran pernapasan, dan membantu meredakan radang, serta mengencerkan dahak. Untuk pemakaiannya, masukkan dua sendok makan akar licorice kering ke dalam cangkir, dan masukkkan 250 ml air mendidih ke dalam cangkir tersebut. Seduh kurang lebih 10 sampai 15 menit. Minum 2 kali sehari.

3. Gunakan teh timi. Timi dipakai di sejumlah negara, untuk mengobati berbagai macam gangguan saluran pernapasan. Timi mampu membantu merilekskan otot tenggorokan, dan bisa mengurangi peradangan. Didihkan air selama 6 menit, lalu tuangkan air dan dua sendok makan timi bubuk dalam cangkir selama kurang lebih 10 menit. Disaring terlebih dulu sebelum diminum.

4. Makan permen keras. Jika Anda tak mempunyai permen obat batuk yang tersedia, dan tak menyukai memakai obat tablet isap, Anda biasanya dapat menghentikan dan menenangkan batuk dengan menghisap sebuah permen keras.

5. Memakai kunyit. Kunyit merupakan obat batuk tradisional yang diklarifikasi efektif untuk mengobati batuk. Cobalah mencampurkan satu sendok teh kunyit kedalam gelas yang berisi susu hangat. Anda pula dapat memakai campuran kunyit bubuk dengan satu sendok teh madu untuk mengatasi batuk kering. Untuk pemakaian teh kunyit, tuangkan 1 sendok makan kunyit bubuk kedalam empat cangkir air yg mendidih. Biarkan saja, lalu saring. Campurkan bersama lemon dengan madu supaya memperkuat efeknya dalam meredakan batuk.

6. Larutkan pepermin dengan jahe dalam sari lemon. Jahe diketahui mampu membantu mengencerkan dahak. Baik jahe maupun pepermin bisa menekan iritasi pada bagian belakang tenggorokan Anda yang memicu batuk. Masukkan madu kedalam campuran itu untuk memakainya semakin efektif.

7. Memakai minyak atsiri. Mencampurkan minyak atsiri bersama uap bisa membantu Anda menghirup serta menyerap manfaatnya. Pakailah minyak tea tree dengan minyak eukaliptus, yang keduanya mampu membuka dan menenangkan saluran pernapasan. Minyak ini pula mempunyai khasiat antiviral, dan antibakteri, serta antiinflamasi sehingga mampu membantu melawan virus dan bakteri.

8. Membuat sirup obat batuk dengan bourbon. Kalau Anda mau membuat sirup obat batuk yg efektif cuma untuk orang dewasa saja, Anda dapat mencampurkan sedikit wiski saja kedalam satu cangkir air lemon hangat.

Mengobati Batuk dengan Obat

1. Minum obat dekongestan. Dekongestan bisa membantu meredakan batuk dengan cara mengurangi sumbatan di hidung serta mengeringkan dahak pada paru-paru dan juga saluran pernapasan lainnya. Anda bisa memakai dekongestan dalam beragam cara, contoh pil, dan cairan, serta semprotan hidung.

2. Pakai obat tablet isap. Pakailah tablet isap mentol sebab biasanya itu pilihan yg paling efektif. Tablet isap tersebut akan membuat bagian di belakang tenggorokan Anda menjadi sejuk, dan menghambat refleks batuk, serta mengatasi batuk Anda lebih cepat.

3. Memakai obat gosok pada dada. Obat gosok yg dijual bebas mengandung kamfor atau mentol yg seharusnya mampu meredakan sebagian besar batuk kering serta batuk berdahak.

4. Meminum obat penekan batuk. Obat penekan batuk yang banyak dijual dipasaran paling pas dipakai untuk mengatasi batuk berdahak saat tengah malam.

5. Pakailah ekspektoran. Ekspektoran diketahui mampu mengencerkan dahak sehingga dapat Anda keluarkan bersama batuk. Ekspektoran sangat pas kalau batuk Anda ada dahaknya yang kental sekali.

Mengatasi Batuk