tips travel saat berpuasa
tips travel saat berpuasa

beritaduniaterbaru.com – Bulan Ramadhan telah tiba, banyak dari masyarakat saat berpuasa cuma melakukan kegiatan di dalam rumah saja, tidak berani bepergian atau hanya sekedar berlibura atau juga refresing menenangkan otak, karena cemas akan menguras banyak tenaga. Jadinya seringkali mengalami bosan atau jenuh, serta mengakibatkan kurang bersemangat dalam melakukan kegiatan kita.

Jalan keluar terbaik adalah dengan membuat pikiran kita selalu fresh dan terbebas dari kejenuhan dan kebosanan. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang bisa Anda lakukan agar dapat bepergian liburan tanpa merasa lelah ketika bulan puasa :

1. Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang tinggi ketika hendak sahur

Berawal ketika sahur, makanlah makanan yang mempunyai nutrisi dan gizi yang tinggi. Dan Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin, fungsinya adalah untuk menjaga stamina kita selama melakukan aktifitas ibadah puasa di perjalanan. Maka, kita akan tetap sehat bugar ketika berkunjung ke tempat-tempat wisata yang telah kita rencanakan selama liburan.

2. Menentukan tempat liburan di dalam ruangan

Melakukan kegiatan liburan ketika kita berpuasa dapat tetap dilakukan, tetapi perlu diingat kita menentukan tempat wisata yang berada di dalam ruangan, tempat wisata seperti itu contohnya museum, Anda dapat melakukan segala kegiatan ringan dan dapat leluasa beristirahat disela-sela kegiatan Anda, ini dapat membuat tubuh Anda gak cepat lelah.

3. Siap-siapkanlah dirimu jauh-jauh hari. Cari tahu info-info tentang tempat yang akan Anda kunjungi karena itu penting

Buatlah catatan agenda sebelum Anda berangkat liburan. Jauh sebelum berangkat, Anda harus mengerti semua hal tentang tempat yang akan Anda tuju. Fungsinya adalah biar Anda gak kuwalahan dan repot sendiri saat sudah sampai di tempat tujuan Anda. Apalagi ketika tubuh lemes karena puasa.

4. Kurangi kegiatan bepergian pas siang hari

Ketika kita sedang berpuasa lalu melakukan aktifitas di luar ruangan pas dalam situasi matahari yang terik, bisa menimbulkan tubuh mengalami dehidrasi serta cepat lemah. Anda usahakan untuk selalu bepergian di pagi hari sampai menjelang seperempat siang atau Antara jam 10 an pagi. Lebihnya dari jam tersebut biasanya matahari akan menjadi semakin terik dan tentu akan menguras banyak tenaga dan energi kita.

5. Membawa Perlengkapan Ibadah

Tentu hal ini sangat penting. Agar Anda dapat tetap lancar beribadah dimanapun di tempat tujuan Anda, selalu persiapkan dan dibawa peralatan ibadah kedalam tas Traveler. Tas traveler dapat membawa Al-Qur’an berukuran saku serta peralatan shalat(mukenah atau sarung).

6. Jangan terlalu berlebih memilih tempat liburan

Walau puasa tak menghentikan kegiatan traveling, bukan berarti kegiatan yang dilakukan persis ketika kita tidak puasa. Anda tetap harus selalu membatasi, contohya dengan mengurangi jumlah tempat liburan yang akan dikunjungi. Kalau saat gak puasa, Anda mengunjungi 4 tempat, saat puasa Anda batasi cuma 2 tempat saja. Fungsinya agar tak banyak energi yang dikeluarkan serta puasa tetap terjaga.

7. Buat diri Anda nyaman dengan barang-barang bawaan yang efektif dan efisien

Salah satu hal yang biasanya orang-orang lupakan, tanpa Anda sadari, dan itu sangat merepotkan ketika packing. Packing yang asal-asalan dapat membuatmu repot dan dapat menguras tenagamu. Usahakan untuk packing barang-barang yang sewajarnya saja, serta tinggalkan barang-barang yang menurut Anda tidak terlalu dibutuhkan dalam perjalanan Anda. Jangan menyusahkan diri sendiri.

8. Istirahat yang Cukup

Sebelum melakukan kegiatan berlibur di bulan puasa, sebaiknya kamu pastikan untuk beristirahat yang baik dan cukup. Karena ini sangat membantu daya tahan tubuh Anda, saat Anda bangun tubuh akan terasa lebih fresh, segar dan ringan jadinya siap untuk melakukan kegiatan liburan ketika puasa.

9. Pilih aktifitas wisata yang ada manfaatnya untuk menambah pengetahuan & wawasan

Dengan kita berkunjung ke tempat-tempat wisata yang mempunya nilai religi. Anda juga dapat mengikuti acara Ramadhan yang terdapat di tempat wisata tersebut. Sehingga, Anda dapat berlibur sambil menambah pengetahuan dan wawasan tentang Agama Islam.

10. Berbukalah dengan makanan atau minuman yang manis lebih dulu

Untuk mengganti energi yang telah terbuang saat seharian di perjalanan. Beribadah serta beristirahatlah sebentar sebelum Anda kembali menjalankan perjalanan ke tempat tujuan selanjutnya.