Jogging di Taman
Jogging di Taman

Ingin badan sehat dan bugar, tapi minim bujet? Jogging saja. Olahraga murah, meriah, irit, dan kekinian. Tapi, biar begitu tetap harus ada persiapannya. Apalagi, saat jogging sambil menikmati pemandangan indah di taman kota. Supaya tidak ada yang kelewat, berikut persiapan jogging yang harus dilakukan.

Lakukanlah Pemanasan dan Peregangan

Pemanasan dan peregangan penting dilakukan untuk menghindari cedera selama melakukan jogging. Supaya sendi juga otot lebih fleksibel dan lentur. Striding atau lari dengan langkah panjang dalam waktu singkat adalah salah satu cara untuk melakukan pemanasan atau warming up. Sedangkan peregangan atau streching dapat dilakukan pada otot paha, pinggang, betis, hingga otot tumit.

Bawalah Air Minum untuk Mengurangi Risiko Dehidrasi

Minumlah 20-30 menit sebelum jogging dilakukan. Pastikan minum sebelum haus menyerang. Disarankan juga untuk minum 15 hingga 20 menit sekali pada saat berlari. Air mineral ataupun minuman khusus olahraga bisa dipilih.

Pilih Pakaian dengan Bahan Tepat

Pakaian yang terbuat dari bahan menyerap keringat sangat disarankan. Pasalnya, selama jogging banyak keringat yang akan keluar dari tubuh.

Sepatu yang tepat juga sangat berpangaruh pada kenyamanan selama melakukan jogging. Gunakanlah sepatu yang memang dirancang untuk melakukan jogging dan benar-benar pas di kaki. Ini akan membuat jogging nyaman. Lupakan pemilihan sepatu jogging yang hanya berdasarkan model ataupun warna.

Pertimbangkan untuk Memakai Sunglasses

Sinar matahari bisa mengganggu pandangan selama seseorang melakukan jogging. Karenanya, gunakanlah sungalasses. Penggunaan sunglasses akan mengurangi terpaan sinar matahari selama melakukan jogging. Dengan begitu pandangan lebih sejuk, nyaman, dan mata lebih terlindungi. Pilihlah sunglasses dengan ukuran yang pas dan bahan frame yang tidak mudah melukai kulit.

Siapkan Topi

Kalau jogging dilakukan saat matahari bersinar, coba gunakan topi. Selain melindungi kepala dari terpaan terik matahari, topi juga bisa menyerap keringat yang keluar selama jogging. Karenanya, pilihlah topi yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat. Lebih baik lagi kalau memilih topi yang memiliki lubang, supaya ada sirkulasi udara.