pengamat hilal
pengamat hilal

beritaduniaterbaru.com – Setelah menunggu hasil Sidang Isbat 1 Ramadhan 1437 H tadi malam, Minggu 5 Juni 2016. Banyak yang membincangkan pertanyaan kapan awal puasa Ramadhan 2016 di media sosial.

Seperti yang sudah kita ketahui saat ini pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) telah melakukan Sidang Isbat berupa rapat tertutup tentang penentuan hari awal puasa 2016 dimulai.

Biasanya hasil Sidang Isbat diumumkan sesudah ba’da sholat Magrib dan menjelang sholat Isya. Dari hasil pengumuman Sidang Itsbat itu akan kita akan mengetahui kapan awal puasa 2016 1 Ramadan 1437 H dimulai.

Menurut Bapak Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sidang Isbat akan memberikan keputusan 1 Ramadhan 2016 jika seandainya ada satu petugas mengaku telah melihat keberadaan hilal(anak bulan).

Tapi, jika tak satu pun petugas berhasil melihat Hilal itu artinya kita genapkan bulan Syaban menjadi 30 hari. Sebetulnya awal puasa 1 Ramadan baru mulai pada hari Selasa, 7 Juni 2016.

Tetapi menurut beliau para petugas yang melihat Hilal diberi tugas di 33 titik tempat di Indonesia mulai dari Sumatra yang di ujung barat, Sulawesi, Jawa, Kalimantan, sampai Papua. “Seluruh petugas telah disumpah dan sangat berpengalaman untuk mengamati hilal,” tegasnya.

Tak luput dari keputusan atau penetapan pemerintah tentang awal mulai puasa 2016, PP Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Ramadan 1437 H jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016.