Pencipta Mukidi
Pencipta Mukidi

beritaduniaterbaru.com – Tokoh nama Mukidi akhir-akhir ini mendadak booming dan menjadi viral di beberapa media sosial. Nama khas Jawa tersebut sangat erat dengan gaya polos di setiap leluconnya atau lawakan yang tersebar di media sosial.

Jika belum mendengar apa itu lawakan Mukidi? dan Siapa itu Mukidi serta bagaimana sekarang ini bisa booming, alangkahbaiknya simak kisah lucu berikut.

Sebuah kisah, Mukidi dari Kampung halamannya di daerah Cilacap, Jawa Tengah mau kembali ke ibukota Jakarta. Dia pergi ke Jakarta memakai bus malam. Sama-sama kita tahu bahwa sopir bus malam tersebut selalu mengendarai busnya dengan kecepatan tinggi. Singkat kisah, bus yang dinaiki Mukidi memasuki jalan Tol Cikampek.

Hampir semua penumpang bus tertidur kecuali si Mukidi saja. Ketika tengah ngebut, pak sopir tiba-tiba ngerem ndadak tanpa sebab. Brakk! Para penumpang kaget terbangun dan menyadari kepala mereka berdarah disebabkan tersentak kursi penumpang lain.

Tetapi, keanehan terjadi pada suatu penumpang yang duduk di sebelahnya Mukidi pas. Wanita tersebut nampak mengeluarkan darah dari hidung secara terus-menerus. Karena penasaran, Mukidi pun segera bertanya kepada wanita itu.

Mukidi: Bu, saya mau tanya. Ini kan penumpang lain kepalanya ya yang berdarah. Lantas kenapa ibu malah hidungnya yang berdarah saat sopir rem mendadak tadi?

Ibu: Ya mas, karena sewaktu tidur tadi saya masih keasyikan ngupil

Kutipan kisah Mukidi di atas ialah salah satu dari ribuan karya buatan Soetantyo Moechlas. Pria yang saat ini berumur 62 tahun tersebut ternyata adalah sang pembuat karakter lucu Mukidi.

BeritaDuniaTerbaru.com mencoba menggali informasi tentang letak kediaman Soetantyo atau yang akrab dipanggil Yoyo. Yoyo dengan istri serta anaknya tinggal di Jalan Pembangunan I No I, Jatibening, Kota Bekasi, Jawa Barat. Seorang pensiunan sebuah perusahaan asing dari Jerman tersebut langsung menyambut kami dengan ramah.

Memakai topi pelukis/flatcap dan memakai busana kasual, Yoyo juga berbagi cerita dirinya ketika memulai menciptakan lawakan dengan karakter Mukidi.

“Jadi tokoh Mukidi tersebut sudah ada sekitar kurang lebih tahun 2.000-an. Itu mulanya saya terinspirasi oleh tokoh Mukidi dari sebuah acara di Radio Prambors Warkop DKI pada era tahun 1976. Dulu sih pemerannya adalah Nanu Mulyono. Dikit-dikit Mukidi. Mukidi namanya Jowo banget. Nama Mukidi tersebut simple, cepat dihafal serta melekat,” tutur Yoyo, Sabtu 27 Agustus 2016.

Sejak itu, pria lulusan Sekolah Kimia Tunas Bangsa, Jakarta ini segera termotivasi menciptakan sebuah lawakan fresh dan singkat tanpa memakai gambar. Mukidi digambarkan ialah seorang tokoh polos yang sok tahu. Mukidi mempunyai sahabat karib yang bernama Wakijan.

Dalam karakter tersebut, Mukidi mempunyai istri yang bernama Markonah. Hasil pernikahan Mukidi mempunyai 2 orang anak bernama Mukiran dan Mikirin. Yoyo pun terus menuliskan tentang Mukidi. Beliau aktif menciptakan cerita humor Mukidi di Milis Ida Krishnashow di Prambors FM.

“Akhirnya saya membuat bahan ice breaking (pencair suasana) ketika menjadi seorang trainer di tempat kerja. Saya juga memasukan cerita Mukidi dalam sebuah majalah internal kantor,” ungkapnya.