Cara Membuat Lampu Hias Dari Benang 2
Cara Membuat Lampu Hias Dari Benang 2

Cara Membuat Lampu Hias Dari Benang, BeritaDuniaTerbaru.com РUsaha kreatifitas lainnya yg dapat kamu kembangkan supaya memperoleh pendapatan tambahan ialah dengan menciptakan lampu tidur hias yang terbuah dari benang dan balon. Kreasi berikut merupakan contoh handmade yg mempunyai prospek bisnis serta usaha yg menguntungkan sekali dan dgn modal yg cukup kecil.

Lampu tidur hias yang terbuat dari benang dan balon tersebut dapat diciptakan dengan secantik mungkin dan cukup lucu dgn mengkreasikan beragam jenis karakter. Bahan-bahan yg dibutuhkan pun gampang ditemukan dan harganya tak mahal.

Oke langsung saja kita bahas artikel mengenai cara membuat lampu hias dari benang, simak berikut ini :

1. Pertama, Alat beserta Bahan Lampu Hias Benang dan Balon

Untuk menciptakan lampu hias dari balon dan benang, bahan-bahan yg diperlukan ialah berikut ini :

Balon karet atau dapat pula memakai balon plastik. Kalau memakai balon plastik, dari biaya awal akan menjadi lebih mahal, tetapi bisa dipakai berulang-ulang.
Benang nylon/benang jahit
Lem kayu (dapat memakai lem kayu merk Rajawali atau lem Fox juga bisa)
Kain flanel (dipakai sebagai hiasan)
Gunting
Kuas
Lampu bohlam min 5 watt
Gelas plastik bekas minuman
Pompa plastik kalau tak mau meniup dgn mulut
Stand lampu yg dilengkapi dengan kabel dan colokan listrik. Dapat ditemukan di toko penjual lampu.

Sesudah semua bahan dikumpulkan, langkah kemudian ialah menciptakan lampu hias dari benang dan balon.

2. Kedua, Cara Membuat Lampu Hias Benang dan Balon

Kalau memakai balon karet, atau pompa, maupun tiup balon sampai mencapai ukuran kecil ataupun sedang, jgn sampai terlalu besar supaya dapat lebih efisien dlm pemakaian benang serta lama waktu penciptaan.

Kalau memakai balon plastik, pompa balon sampai ukuran yang maksimal.

Rekatkan lem kayu kedalam gelas plastik serta campurkan dgn air sebutuhnya, jgn encer sekali.

Sesudah lem tergabung, pakailah kuas untuk melapisi semua permukaan balon karet dgn memakai lem itu. Berbeda kalau kamu memakai balon plastik, permukaan balon tak harus dilapisi oleh lem. Dapat langsung dililitkan oleh benang supaya sesudah mengering balon plastik itu mudah untuk dikeluarkan.

Lilit secara acak balon itu memakai benang sampai menutupi semua permukaan balon dgn perfect.

Sesudah nampak cukup tebal, ulangi lagi untuk melapisi semua permukaan benang dgn lem lalu lilit lagi dgn benang. Ulangi lagi terus sampai sekiranya 2 atau 3 kali, tetapi semakin tebal benangnya, maka lampu tersebut akan menjadi semakin redup.

Langkah yang terakir, lapisi semua permukaan benang yang diluar dgn lem.

Untuk pemakaian balon karet, cara untuk mengeringkannya harus digantung pada tempat yang teduh atau dapat pula ditaruh diatas meja. Jgn dikeringkan dibawah terik matahari langsung sebab dapat menimbulkan balon meledak, dan jgn pula ditaruh di lantai sebab balon akan menyublim.

Sedangkan kalau kamu memakai balon plastik, bisa dijemur dibawah terik matahari sampai mengering. Biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 4 jam atau sampai 2 harian. Tergantung kondisi cuaca.

Warna balonnya yg tadi berwarna putih sebab tertutup oleh lem, akan memudar sesudah lem kering alhasil warna asli benang akan nampak lagi.

Sesudah mengering, buatlah lubang pada bagian bawah balon dgn memakai gunting. Jgn takut meletup sebab ketika proses pengeringan, balon yang ada di dalam pun ikut menjadi keras. Maka ketika digunting, balon telah menjadi kaku.

Kekurangan memakai balon karet ialah saat kamu tak segera mengeluarkan sisa-sisa balonnya yang ada pada bagian dalam, balon karet akan segera menyusut dan menimbulkan bola benang menjadi penyok/bengkak. Lalu balon yg sudah dipakai tak dapat digunakan lagi untuk membuat lampu hias selanjutnya.

Sedangkan kalau memakai balon plastik, kemungkinan-kemungkinan bola benang menyusut hampir tak ada. Balon plastik yg sudah dipakai, bisa dipakai lagi untuk membuat lampu hias selanjutnya.

Untuk membuat leher balon, dapat memakai potongan-potongan pipa PVC. Ini merupakan sebuah opsional, bisa dipakai atau gak itu tergantung dari kebutuhan kamu.

Gunting kain flanel cocok dgn karakter yg mau dibentuk, kemudian tempelkan memakai lem Fox. Satukan balon dgn lampu beserta stand lampunya.

Dan akhirnya pembuatan lampu hias tidur dari benang dan balon selesai.

Dan Berikut ini merupakan contoh hasil karya lampu hiasnya.

Cara Membuat Lampu Hias Dari Benang 4
Cara Membuat Lampu Hias Dari Benang 4
Cara Membuat Lampu Hias Dari Benang 3
Cara Membuat Lampu Hias Dari Benang 3
Cara Membuat Lampu Hias Dari Benang
Cara Membuat Lampu Hias Dari Benang
Cara Membuat Lampu Hias Dari Benang
Cara Membuat Lampu Hias Dari Benang

Jika kamu masih kesulitan dengan proses pembuatannya bisa Anda tonton Video tutorial berikut ini

Sekian Artikel mengenai cara membuat lampu hias dari benang, semoga bermanfaat untuk kalian yang masih pemula dan membutuhkan refrensi untuk membuat suatu usaha kreatif, selamat mencoba.

Cara Membuat Lampu Hias Dari Benang.

Save