Penyebab mata panda
Penyebab mata panda

beritaduniaterbaru.com – Sudah pernah nonton film kungfu panda? Seekor hewan lucu yang jago bela diri kungfu dengan wajah yang khas tersebut, yakni memiliki lingkar hitam di area sekitar mata. Bayangan hitam tersebut biasanya disebut dengan lingkar mata panda. Namun jadi gak lucu kan? kalo anda memiliki lingkar mata kayak panda? ^_^

Pada Artikel kali ini saya akan membahas, apa saja yang menyebabkan Mata Panda?

Mata panda merupakan sebuah kondisi dimana terdapat garis hitam di daerah sekitar mata, nampaknya mata panda ataupun kantung mata dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun yang sering jadi pemicunya ialah terlalu sering begadang di waktu malam. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab mata panda, berikut ini akan sedikit saya ulas.

Baca Juga : Cara Mencegah Timbulnya Mata Panda

1. Kurang Tidur
Ya benar sekali, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Salah satu faktor munculnya mata panda ialah terlalu sering begadang waktu malam atau kurang tidur. Normalnya setiap orang butuh waktu istirahat (tidur) kurang lebih 7 – 8 jam per hari, jika kurang dari itu maka akan timbul berbagai macam masalah yang berkaitan dengan mata, salah satunya mata panda atau kantung mata. Untuk itu, agar Anda terbebas dari masalah mata panda, perhatikan baik-baik waktu tidur Anda dan jangan sampai meninggalkannya. Sekalipun Anda sering lembur, upayakan untuk tidur lebih awal satu hari sebelum mendapat jam lembur. Dengan begitu, pekerjaan kantor jadi beres mata juga tetap sehat. Dan jangan lupa juga ketika Anda lembur, bawalah kopi sebagai teman ngelembur Anda.

2. Make Up
Bagi para cewek yang suka berdandan, cermati dengan baik ya. Pemakaian make up yang terlalu tebel serta berlebihan bisa menjadi pemicu timbulnya mata panda, malahan kalau tak langsung mencuci muka sesudah membersihkan make-up. Wajar memang kalau Anda memakai make-up untuk merias diri, tetapi jangan di abaikan pula kesehatan Anda, termasuk bagian wajah. Banyak dampak buruk yang timbul kalau Anda terlalu sering menggunakan make-up tebal-tebal, salah satunya ya kantung mata. Maka dari itu, atur dengan baik dalam pemakaian make-up kalau ingin tetap nampal cantik alami.

3. Paparan sinar UV matahari
Sinar matahari memang baik bagi kesehatan kulit dan tulang, namun sinar matahari yang baik itu cuma berselang kurang lebih 4 jam, yakni mulai jam 6 pagi sampai 10 siang. Lebih dari itu, ada banyak efek negatif dari sinar matahari bagi kesehatan kulit, tetapi tidak hanya kulit! Kesehatan mata Anda juga dapat dipengaruhi oleh sinar matahari. Semakin sering Anda melakukan aktifitas di luar ruangan dan terpapar langsung oleh sinar matahari tanpa adanya perlindungan, jadi jangan salahkan mataharinya kalau tiba-tiba Anda terkena mata manda. Penyebabnya ialah sebab panas matahari dapat memperbanyak produksi melanin yang bisa menggelapkan area mata. Untuk itu, beri perlindungan untuk mata Anda kalau Anda memang sering berada di luar ruangan, contohnya dengan menggunakan kacamata hitam anti UV serta topi.

4. Penyakit
Penyakit anemia ataupun ginjal juga merupakan pemicu timbulnya mata panda, maka dari itu kalau Anda mempunyai masalah dengan mata panda, segera mungkin untuk pergi ke dokter supaya berkonsultasi dan mengecek kondisi badan Anda. Mungkin saja Anda menderita kedua penyakit itu, tetapi semoga saja tidak.

5. Keturunan
Faktor terakhir yang menyebabkan timbulnya mata panda ataupun kantung mata ialah karena faktor genetika (kturunan). Coba lihat ayah atau ibu Anda apakah mempunyai riwayat mata panda? Jika iya, kemungkinan besar faktor tersebut akan menimpa Anda pula. Maka dari itu secara otomatis Anda tak bisa terbebas dengan masalah mata panda, tetapi tak ada salahnya pula Anda mencoba menanganinya.

Demikian Artikel tentang Penyebab Timbulnya Mata Panda, Terima kasih